Berita Terbaru

Berita Terbaru

slide arek situbondo

Mesin Pencari

Rabu, 02 April 2008

Baluran National Park : Taman Nasional bernuansa Afrika





Baluran National Park :
Taman Nasional bernuansa Afrika


Untuk mencapai taman nasional yang luasnya sekitar 25.000 ha ini sangatlah mudah, dari Surabaya berjarak 265 km ditempuh dengan kendaraan hanya 6 jam perjalanan, atau dari Ketapang Banyuwangi berjarak 27 km tidak lebih dari 45 menit perjalanan. Pintu Gerbang masuk ke Taman Nasional Baluran itu sendiri terletak dipinggir jalan raya Surabaya – Ketapang Banyuwangi, tepatnya di desa kecil : Wonorejo - Batangan, adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Situbondo dibawah kaki gunung Merapi Jawa timur dan ditepi sungai Bajulmati.

Perjalanan menuju jantung Taman Nasional

Pos Bekol, terletak sekitar 12 km dari pintu gerbang Batangan , dijantung taman nasional yang dikelilingi hampir 40%nya oleh padang rumput savana dan terletak dibawah kaki Gunung Baluran (1247 m ) yang menjulang tinggi membuat perpaduan panorama sangat eksotik mengingatkan kita akan pemandangan di Afrika , Di Bekol sendiri memiliki fasilitas Tower pengamatan satwa liar seperti Banteng, Rusa, Muncak, Burung Merak, Burung Rangkong, Elang, Kangkareng dan masih banyak lagi.

Dari atas tower di Bekol anda dapat melihat pulau Bali yang terbelah oleh selatnya yang sibuk oleh puluhan kapal ferry disebelah timur, di sebelah utara anda dapat melihat beberapa kapal layar nelayan di laut jawa dan disebelah barat menjulang Gunung Baluran yang terdapat kepundan di kelilingi oleh tebing tebing tinggi dan terkadang ditutupi awan. Pemandangan dari Tower di Bekol sungguh menawarkan panorama fantasitis dan berbeda.

Untuk menuju Pos Bekol berjarak 12 km dari Pos Gerbang Batangan, anda bisa menggunakan kendaraan sendiri, atau menyewa ojek yang banyak menawarkan diri di pintu Gerbang, atau yang menarik adalah dapat ditempuh dengan trekking yang kami sarankan mulailah jalan dipagi hari.

Selama perjalanan anda akan disuguhkan banyak sekali satwa berseliweran, dan yang paling mencolok adalah banyaknya Burung Merak dengan bulunya begitu indah dilihat.

Kondisi perjalanan ke Bekol sangat baik terbuat dari aspal dengan lebar sekitar 2, 5 meter dikelilingi oleh hutan yang berbeda beda vegetasinya dan perjalanan berjalan kaki nyaman tidak terasa menempuh 3 jam perjalanan . Pos Bekol, memiliki guest house bagi yang ingin bermalam dengan harga cukup terjangkau, Kondisinyapun cukup nyaman dan bersih .


Pantai Bama

Pantai Bama terletak 3 km sebelah timur Pos Bekol, sering terlihat beberapa jenis kera sedang mencari kepiting. Pantai Bama cukup bersih dikelilingi oleh hutan mangrove yang asri, memiliki terumbu karang untuk kegiatan snorkeling didepan pantai guest house-nya, dan juga ada jalan setapak mengelilingi pantai serta ke padangmemiliki Tower pemantauan satwa. Dari pantai Bama anda dapat menikmati sunrise langsung dengan latar belakang Taman Nasional Bali Barat


Banteng Baluran

Satwa satu ini memang dulu menjadi primadona Taman Nasional Baluran, jumlahnya sangat banyak, dengan berjalannya waktu sekarang satwa yang sangat besar berwarna hitam bertanduk ini hanya terlihat pada saat musim kemarau ditempat minum satwa yang disediakan oleh petugas Taman Nasional, dan pada musim penghujan satwa liar tersebut masuk kedalam hutan, perlu menempuh jalan yang cukup sulit mencarinya kedalam menanjak kearah hutan Gunung Baluran .


Berlayar susur pantai

Perjalanan menyusuri pantai mengelilingi semenanjung Baluran dengan kapal traditional nelayan disekitar adalah petualangan yang sangat mengasyikan, berangkat dari pantai Pandean terus keutara menyusuri hutan mangrove melewati pantai Bama kemudian terus menuju barat laut melewati pantai Lempuyang yang terdapat Pos Penjagaan juga disana hingga ke Labuhan Merak Pos penjagaan pantai paling utara di Taman Nasional Baluran, selama menyusuri pantai anda bisa berhenti di Pantai Bilik untuk kegiatan diving dan snorkeling karena pantai tersebut memiliki terumbu karang yang masih terjaga dengan baik .

Untuk meng-explore Taman Nasional Baluran anda minimal membutuhkan waktu 3 hari 2 malam mengingat luasnya lebih dari 25.000 Ha, udara disana relatif cukup panas , anda wajib memakai topi disepanjang siang hari bila melakukan acara trekking di padang savanna maupun jungle trekking . Dan pada malam hari lumayan dingin .

Mengenai makanan disana Petugas Taman Nasional dapat melayani anda dengan harga cukup terjangkau, atau anda dapat membawa sendiri karena di Guesthouse Bekol maupun Bama menyediakan peralatan dapur.

Baluran adalah Taman nasional yang mungkin tertua di Indonesia, alamnya memang berbeda dengan Taman Nasional lainnya, kita seperti dibawa alam afrika , kering dengan gunung yang eksotik dan pantai yang cantik.



Sumber :
TIKMD (Teknologi Informasi Masyarakat Desa)
TELECENTER PASIR PUTIH
Jalan Raya Pasir Putih
Kecamatan Bungatan
Telp. 0338-39102

Print