Berita Terbaru

Berita Terbaru

slide arek situbondo

Mesin Pencari

Minggu, 05 April 2009

KESENIAN ASLI SITUBONDO

KESENIAN ASLI SITUBONDO
YANG MULAI "DILUPAKAN"


ternyata di alun-alun ada peringatan hari jadi Jawa Timur dan ada pagelaran seni disana, seneng banget rasanya bisa menyaksikan pegelaran seni tersebut. Karena pagelaran seni ini sudah lama gak pernah aku lihat lagi di kota santri Situbondo ini. .

Kesenian yang satu ini merupakan kesenian tradisional aseli kota situbondo, yaitu pagelaran kesenian wayang topeng atau biasa dikenal dengan "kadar" . Kesenian tradisional ini Hanya tampil jika ada acara-acara hajatan perkawinan saja, dan itupun jarang sekali atau bisa dikatakan tidak pernah. ( Hampur PUNAH dan LANGKA kayak MITAN)






Apa karena tergusur oleh jaman ya....?? Padahal waktu masih kecil Kesenian Kadar ini hampir pasti ada disetiap acara-acara pernikahan ataupun acara-acara lainnya, sayang kalau kesenian ini harus punah dengan berubahnya zaman, karena aku lihat para penontonnya juga banyak dan antusias melihat pagelaran wayang topeng ini. tapi sayang sebagian besar penontonnya kebanyakan orang tua bin MANULA (termasuk Manusia Langka atawa Manusia Usia Lanjut) so... kemana pemuda dan pemudinya. Hiks jadi sedih, mungkin para pemuda dan pemudinya pada sibuk kencan ya, kan sekarang zaman dah mulai EDAN, hehehehehe
Ya semoga saja pemerintah daerah Situbondo bisa melestarikan kesenian khas kota
Situbondo ini. amin......

kuswarik mengatakan...

ngapora....

" bheremma dik kabher re.. bheresss ??
trus terang aq bangga dg kreativitas kamu, stl aku browsing web kamu aku sbg putra situbondo jadi teringat lagi masa kecilku di situbondo oh ya "kennal lagi sengko' warik asli cappore ( ardirejo ) budhina pasar senggol" aku cuma mo koreksi tentang kesenian topeng, istilah "kadar" tu nama dalangnya krn disitubondo cuma satau2nya kak kadaryono itu, seniornya kak sowono sdh almarhum, istilah utk seni topeng di situbondo yg lebih memasyarakat adl "kerte".

Oeoes mengatakan...

artikel yang bagus....!!!
tapi kayaknya mirip dengan kesenian situbondo mulai dilupakan

violaputra mengatakan...

aq snada ama kang Oeoes. kirain teh tulisan kang Oeoes juga... maslhna fotona juga sama...
ohya tlg informasiin juga ttg kesenian situbondo lainnya dong. spt Gangsing Ca' Misdjo dan Almrhm Tomo..juga trolingkung dsb. tp jgn ngarang ya.. masalhna aq dulu prnh penelitian di stbondo. tp cari referensi ttg kesenian situbo ndo sgt sulit...suliiiit bgt. trs pas aq wawancara ama pjabat terkait jawabanya spertinga ngarang...
gitulah klo pejabat yg duduk bukan ahlinya...
tp walau bagaimanapun aq tetep cinta Situbondo
Hidup Situbondo!

Oeoes mengatakan...

itu memang tulisanku kok :d, ternyata disopas disini, sayang gak kasih link :D

tatacahyoe mengatakan...

ya... sbenarnya kita 'situbondo' kaya akn bdya...
tp ank muda jman skrg cnderung gegsi dg seni trdsi. dblgx kunooo...
pdhl dg sni trdsi itu kota kita bhkan ngara kita dknal kota n ngara lain...
cz sni yg kta pux tuCh bda bgt dr ngra lain n mreka g pux itu. ruzx qt bgga n ptut mlestarikannya...
y g c????...

Wahyu Aves mengatakan...

menarik...ada yg punya alamat grup wayang topeng"kerte" nggak ??? :)

Print