Berita Terbaru

Berita Terbaru

slide arek situbondo

Mesin Pencari

Kamis, 03 April 2008

Air Terjun Setancak



AIR TERJUN SETANCAK




Air terjun ini berada di desa Mojosari, kecamatan Asembagus, Situbondo.Dengan lama perjalanan kurang lebih 3 - 4 jam dari pusat kota. Nama air terjun Setancak diambil dari kata daerah setempat yaitu kata “Tancak “ ( dalam bahasa Madura ) yang artinya adalah air yang memancar.


Hal ini menggambarkan asal muasal terbentuknya air terjun Setancak yang keluar dari dalam tanah yang keluar tiba-tiba. Air terjun Setancak memiliki ketinggian ± 8 m dan lebar mencapai 10 m, jadi tidak mengherankan apabila air terjun Setancak memiliki debit alir 80 liter / detik.


Untuk mencapai obyek wisata ini Anda harus melakukan perjalanan sejauh 5 km dengan kendaraan roda empat, 3 km dengan kendaraan roda dua, dan sekitar ± 2 km berjalan kaki. Jadi bagi Anda yang menyukai wisata jalan kaki, obyek ini merupakan pilihan tepat.


Selain pemandangan air terjun, ditempat ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan menarik lainnya, yaitu populasi burung Walet disamping air terjun. Konon air terjun Setancak ini merupakan tempat pemandian burung-burung Walet itu.


Kejadian menarik ini dapat Anda saksikan pada pukul 06.00 WIB ( pagi ) dan pada pukul 17.00 WIB ( 5 sore )hari.



Sumber :
TIKMD (Teknologi Informasi Masyarakat Desa)
TELECENTER PASIR PUTIH
Jalan Raya Pasir Putih
Kecamatan Bungatan
Telp. 0338-39102

mansur mengatakan...

sayang foto2 nya kurang byk. sebaiknya paling tdk per obyek lokasi ada 5 foto. sukses Bro

Print